Sabtu, 21 Juni 2008

Merealisasikan Ide

Di suatu rapat sebuah SMA di Jakarta, Adi mengangkat tangannya seraya berkata,”Saya mempunyai ide mengenai masalah ini,bagaimana kalau ….”.Selesai Adi mengutarakan idenya,teman-temannya serentak berkata ,”wah, bagus juga idemu Di “. Sementara di sana juga ada seorang anggota rapat yang bernama Mukti, dari tadi dia hanya duduk diam saja mengikuti rapat itu ,ia hanya mengkuti arus dalam rapat tersebut, jika teman-temannya berkata ya maka dia juga ikut berkata ya, jika temannya berkata tidak maka dia juga ikut berkata tidak. Sebenarnya di dalam pikiran Mukti juga terbesit sebuah ide yang mungkin bahkan lebih baik daripada idenya Adi.Namun, Mukti malu untuk mengutarakan idenya ,ia takut kalau ia mengutarakan idenya ia dianggap bodoh oleh teman-temannya atau bahkan dianggap aneh. Tak berapa lama akhirnya rapat itu memutuskan sebuah hasil dan mempertimbangkan ide Adi,setelah itu rapat selesai.Beberapa saat setelah hari berakhirnya rapat tersebut ide Adi juga tak kunjung direalisasikan .Akhirnya ide tersebut pun hanya mendapat pujian bagus dari orang-orang tanpa pernah terealisasi.

Ya,kejadian seperti cerita di atas sangat sering terjadi di kehidupan nyata kita.Bukan hanya dalam kegiatan-kegiatan sekolah seperti di atas tetapi juga kegiatan-kegiatan lain dalam hidup kita, apalagi dalam bidang bisnis. Ada sebagian orang yang mempunyai ide-ide yang brilian tetapi sangat sulit untuk merealisasikannya, sementara ada juga sebagian yang lainnya malu dalam mengutarakan idenya karena takut dianggap bodoh atau aneh, padahal siapa tahu idenya itu luar biasa.

Untuk masalah seperti ini sebaiknya kita melihat bagaimana orang-orang yang telah sukses di dunia dalam menyikapi idenya.Salah satu contohya adalah pendiri Walt Disney yang pada saat itu bermimpi untuk melihat tikus berbicara, orang-orang menganggap dirinya gila tapi akhirnya berdirilah Walt Disney dan muncullah karakter Mickey Mouse yaitu sang tikus yang bisa berbicara dan pendirinya pun menjadi salah satu orang paling sukses di dunia, siapa orang yang tidak kenal mickey mouse atau perusahaan Walt Disney, contoh lainnya adalah Wright bersaudara yang mempunyai ide untuk membuat manusia terbang seperti burung, bahkan ayah mereka sendiri mengganggap mereka aneh atau gila, sekarang banyak sekali orang yang memakai hasil ide dari Wright bersaudara yaitu pesawat terbang.Dan masih banyak lagi orang-orang sukses dengan idenya yang mungkin bagi sebagian besar orang dianggap gila !!!. Di Indonesia pun kita mempunyai banyak contoh yang salah satunya adalah pendiri Aqua yang dulunya mempunyai ide untuk menjual air putih ke orang-orang dan masih banyak lagi contoh yang lainnya yang tidak bisa dijabarkan satu persatu.

Mengapa mereka bisa sukses seperti itu ? Hal itu terjadi karena mereka mempunyai ide dan mereka mempercayai ide itu serta berusaha tanpa kenal lelah untuk merealisasikannya sampai akhirnya mereka menjadi sukses.

Ingat !!!!!!!!! Mempunyai ide yang brilian saja tidak cukup untuk membuat kita menjadi sukses, tapi kita juga butuh kemampuan untuk merealisasikan ide itu menjadi kenyataan.

Majulah Indonesiaku !

^_^ ditunggu kritik dan sarannya ya ! ^_^

2 komentar:

  1. saya hanya bisa berkomentar
    dengan berkata " OBral,satu ide Rp 1 miliar rupiah ..Mau?

    BalasHapus
  2. menyampaikan sebuah ide tidak harus terealisaikan yang terpenting kita mampu mengutarakan pendapat kita

    BalasHapus

Ping me to technorati

ping me to technorati